Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

KEPALA DESA MEKARGALIH HADIRI ACARA SIMBOLIS PENYERAHAN SARANA PRASARANA YANG DI HADIRI OLEH MENTERI KEMENDES PDTT

Jakarta – Kepala Desa Mekargalih Hadiri Acara Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana untuk Ruang Komunitas Digital Desa Mekargalih di Hotel Bidakara Jakarta Yang dihadiri langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Senin, (27/11/23). Ruang Komunitas Digital Desa merupakan program dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan Masyarakat terhadap literasi digital dan meningkatkan kapasitas Masyarakat dalam melakukan Pembangunan dan pemberdayaan desa melalui pemanfaatan teknologi digital. Program ini sudah berjalan sejak bulan Agustus 2022 adapun bentuk kegiatan yang sudah terlaksana yaitu pelatihan pengelolaan Web, pelatihan Digital Marketing, pelatihan Literasi Digital dasar, dan lainnya. yang mana RKDD ini diketuai oleh Muhammad Husaeni selaku Kader Digital dan Asep Hikmat selaku Duta Digital Fase 1 yang bertanggung jawab terhadap 5 desa yaitu Desa Mekargalih, Desa Cadassari, Desa Cigelam, Desa Gandasoli, dan Desa Kertamanah. Untuk mendukung program RKDD Kemendes PDTT salur kan bantuan Sarana Prasarana berupa 1 personal computer dan 1 unit printer. ini bertujuan agar membantu kegiatan RKDD agar berjalan lancar. Pria yang akrab disapa Gus Halim itu berujar, data yang update itu sangat penting supaya setiap program yang dibuat Kepala Desa betul-betul sesuai dengan kebutuan dan tepat sasaran. “Jangan sampai Ketika ditanya berapa jumlah penduduk sampeyan Pak Kades jawabannya memakai data setahun yang lalu” jelas Gus Halim dalam acara penyerahan Bantuan Sarana Prasarana Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (27/11/2023). Gus Halim melanjutkan, Alasan itu pula yang membuat dirinya perjuangkan program bantuan sarana prasarana berupa paket unit computer kepada desa-desa di Indonesia sebagai tindak lanjut dari program desa cerdas. Terdapat 35 Desa sebagai penerima bantuan dalam acara Simbolis Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana untuk Ruang Komunitas Digital Desa. Yaitu 10 Desa dari Kabupaten Kuningan, 20 Desa dari Kabupaten Karawang dan terdapat 5 Desa dari Kabupaten Purwakarta.

PPS DESA MEKARGALIH IKUTI KIRAB PEMILU 2024 DAN DEKLARASI PEMILU SEBAGAI SARANA INTEGRASI BANGSA DI DAPIL 6

Jatiluhur – Panitia Pemilihan Kecematan (PPK) Jatiluhur gelar acara kirab pemilu dan deklarasi pemilu 2024 yang diikuti oleh Panitia Pemungutasn Suara (PPS) se-Kecamatan Jatiluhur dan perwakilan partai politik peserta pemilu 2024. Jumat, (24/11/2023) Kirab pemilu dan deklarasi damai untuk pemilu 2024 berlokasi dilapangan voli Polairud Jatiluhur, kegiatan tersebut dihadiri oleh tamu undangan yang diantaranya adalah Komisioner KPU Purwakarta, MUSPIKA Jatiluhur yaitu Camat Kecamatan Jatiluhur, Kapolsek Jatiluhur dan Danramil, MUI Jatiluhur, Kepala Desa se-Jatiluhur, perwakilan dari partai politik peserta pemilu juga pemilih pemula untuk pemilu 2024. Dilaksanakannya kirab pemilu ini adalah untuk menandakan kesiapan PPK dan PPS sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa dalam mengelar pemilu pada tanggal 24 Februari 2024 nanti. Kirab ini juga sebagai ajang mensosialisasikan bahwa terdapat 18 partai politik yang ikut serta sebagai peserta pemilu. Iring – iringan kirab selanjutnya bergerak dari lapang Polairud Jatiluhur menuju terminal bus Ciganea melewati Desa Jatiluhur dan Desa Cilegong sampai mengitari beberapa desa yang ada di Kecamatan Jatiluhur seperti Desa Mekargalih, Desa Cibinong, Desa Kembangkuing, Desa Jatimekar, dan Desa Cikaobandung. Terkahir Desa Cisalada dan Desa Parakanlima yang diadakan di hari berikutnya yaitu hari Sabtu 25 November 2023. Endah Purnamasari, selaku ketua PPK Kecamatan Jatiluhur dalam sambutannya mengajak untuk dapat mensukseskan Pemilu 2024 dengan datang memilih ke TPS dan tidak golput. Ia juga menjelaskan bahwa tahapan pemilu berikutnya adalah masa kampanya yang akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

RUANG KOMUNITAS DIGITAL DESA MEKARGALIH GELAR PELATIHAN COPYWRITING UNTUK MENINGKATKAN SKILL PELAKU UMKM

Desa mekargalih – Ruang Komunitas Digital Desa atau disingkat RKDD Desa mekargalih menyelenggarakan pelatihan Copywriting  kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Selasa,(21/11/23) Sasaran pelatihan ini adalah warga Desa Mekargalih yang berprofesi sebagai pelaku UMKM, sebanyak 30 orang pelaku UMKM di Mekargalih mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh ruang komunitas digital desa yang bertujuan agar pelaku UMKM dapat terus bersaing di era digitalisasi. Adanya pelatihan ini sangat didukung oleh pemerintahan Desa Mekargalih, pelatihan ini diharapkan agar pelaku UMKM terus menambah pengetahuan tentang bagaimana cara berjualan secara online karena perkembanganan teknologi yang begitu signifikan membuat jual beli tidak hanya bisa dilakukan secara tatap muka namun bisa dilakukan juga secara daring atau online melalui aplikasi atau web marketplace (digital marketing). Copywriting adalah salah satu materi yang harus dimiliki oleh pelaku umkm yang berjualan melalui Marketplace Online, Copywriting merupakan Teknik pemasaran yang sering digunakan oleh pelaku usaha di Marketplace Online yaitu Teknik untuk mengkomunikasikan nilai atau identitas produk kepada calon pembeli guna menarik perhatian dan membujuk calon pembeli, sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli suatu produk yang di jual. Pemateri dari pelatihan ini adalah Dian Ikha Pramayanti, S.Pt., M.si beliau adalah seorang praktisi Talent Mapping dan Digital Marketing aktif sebagai penggiat dan narasumber untuk Literasi Digital, Digital Parenting, Ekonomi Syariah Digital, Bisnis Digital dan lainnya, juga sebagai dosen di STAI Al Muhajirin Purwakarta. Asep Hikmat selaku duta digital berharap materi pelatihan yang telah disampaikan dapat diterima dan dimengerti oleh peserta pelatihan beliau juga menuturkan agar terjalin sinergi maka komunikasi antara pelaku UMKM dan Ruang Kominunitas Digital Desa harus terus terjalin.

KARANG TARUNA DESA MEKARGALIH GELAR LOMBA VOLI ANTAR RW , KEPALA DESA HIMBAU UNTUK TETAP MENJAGA SPORTIVITAS

Desa Mekargalih -  Turnamen bola voli karang taruna Desa Mekargalih atau Motekar CUP resmi dibuka Kepala Desa Mekargalih, Muhammad Muhyi, Sabtu, (11/11/2023). Pelaksanaan turnamen bola voli putra antar RW se-Desa Mekargalih ini dilaksanakan di lingkungan RW 03 yang bertempat di lapangan Delta. Turnamen ini mempertemukan 7 tim voli putra yang di bagi menjadi dua grup. Dalam sambutannya Kepala Desa Mekargalih, Muhammad Muhyi menyampaikan kepada seluruh peserta untuk menjaga sportivitas, bermain dengan tenang dan senang. Karena dalam pertandingan voli ini menjadi ajang silatuhrahmi antara warga Desa Mekargalih. Selanjutnya kepala Desa Mekargalih melakukan servis pertama tanda turnamen voli siap untuk di mulai. Adanya turnamen voli ini disambut hangat oleh warga Desa Mekargalih, terlihat dari banyaknya antusias warga yang menonton pertandingan tersebut. Turnamen voli ini dilaksanakan selama dua hari dimana hari pertama yaitu Sabtu 11 November 2023 sesi penyisihan juara grup. Lalu di hari Minggu dilaksanakannya pertandingan semi final dan perebutan juara satu yang keluar sebagai pemenang turnamen bola voli CUP 2023 yang di selenggarakan oleh karang taruna Desa Mekargalih.