Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

PEMERINTAHAN DESA MEKARGALIH GELAR PENGAJIAN RUTIN BULANAN

Desa Mekargalih – Desa Mekargalih, Menggelar Pengajian Bulanan Yang Bertempat Di Aula Desa Mekargalih , Kamis (2/11/2023) Pengajian Bulanan Ini Diikuti Oleh KH Midad Fathoni Dan Ust Nurodin, Selaku Tokoh Agama Di Desa Mekargalih, Juga Tentunya Di Hadiri Oleh Bapak Muhammad Muhyi Yang Baru Terpilih Kembali Sebagai Kepala Desa Mekargalih. Dalam Sambutannya Kepala Desa Mekargalih Menyampaikan Rasa Terimakasihnya Kepada Warga Yang Hadir Dalam Pengajian Bulanan Tersebut Terkait Rankaian Kegiatan Pilkades Yang Lancar Dan Damai Juga Sekaligus Meminta Restu Untuk Melanjutkan Roda Pemerintahan Berikutnya, Beliau Juga Meminta Untuk Tetap Perlu Adanya Dukungan Dari Masyarakat Mekargalih Agar Terjalinnya Roda Pemerintahan Yang Damai. Ust Ihin Hidayatussholihin selaku ketua MUI Desa mekargalih mejelaskan bahwa kegiatan pengajian bulanan ini merupakan program himbauan dari kepala desa. tujuan diadakannya pengajian bulanan ini adalah untuk memberikan siraman Rohani baik kepada aparatur desa dan juga masyarakat desa mekargalih agar terjaganya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Pengajian bulanan ini berlangsung dengan lancar dan khitmat yang dihadiri oleh lapisan Masyarakat Desa Mekargalih.

"Mari Bantu Warga Cianjur". Galang dana bantu saudara kita di Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi

Assalamualaikum Waromatullahi Wabarokatuh Salam warga desa Mekargalih, semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan keselamatan oleh Allah Swt. amiinnn dalam kesempatan ini kami mengajak kepada masyarakat mekargalih untuk sama – sama ikut andil dalam program  "mari bantu Warga cianjur" Mari bantu Warga Cianjur, yaitu aksi galang dana untuk korban benca alam gempa yang menimpa daerah cianjur dan sekitarnya, sehingga banyak korban meninggal termasuk korban luka lainnya. Ada yang sedang bersujud, kemudian terhantam bangunan. Ada yang sedang mengantarkan Anak anak pulang sekolah tertimpa reruntuhan longsor hilang pandangan, ada yang sedang mengambil air Wudhu tertimpa atap dan dingding bangunan... Itulah cerita para korban di Cianjur korban Gempa M 5.6 skala ritcher Sampai saat ini korban terus bertambah karena masih ada yang belum di evakuasi kami dari Aparatur Pemdes dan Aparatur lingkungan Desa Mekargalih tergerak untuk membantu meringankan beban saudara kita di Cianjur  mari ringankan beban saudara kita dengan berdonasi. sejauh ini sudah terkumpul dana hasil pengalangan sebesar  Rp.1.150.000 (Satu juta Seratus lima puluh ribu rupiah). Jazakallah Khoiron Kastiron kami ucapkan semoga menjadi amal Jairah. bagi warga mekargalih yang masih ingin mendonasikan sebagian rezekinya silahkan bisa hubungi kontak person 081294308155 atas nama Bpk Hendy Wahyu Atau bisa Transfer ke rekening Bank BRI: 0075-01-033895-50-2  A/n Yeni Irianci  Demikian kami ucapkan terimakasih. Mekargalih Pasini.....

Dukung Program Badan Pusat Statistik, Desa Mekargalih Sukses Melakukan Pendataan Awal REGSOSEK 2022

Sampurasun warga Mekargalih Pasini, Badan Pusat Statistik (BPS) menjalankan program Pendataan Regsosek atau Registrasi Sosial dan Ekonomi yang dilaksanakan serentak di Indonesia dalam rangka Reformasi Sistem Perlindungan Sosial yang menyeluruh bagi seluruh penduduk. Pendataan yang dilaksanakan selama satu bulan dimulai pada tanggal 15 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022. Program Pendataan Awal Registrasi Sosial dan Ekonomi (REGSOSEK) adalah program dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia sistem dan basis data untuk mendukung program rencana kerja Pemerintahan Tahun 2021 – 2022, dalam mereformasi data struktural. Terdapat tiga Reformasi struktural yaitu, Reformasi sistem kesehatan, Reformasi sistem kebencanaan dan Reformasi sistem perlindungan sosial yang menyeluruh bagi penduduk Indonesia. Program REGSOSEK ini juga sebagai prasyarat utama Reformasi sistem perlindungan sosial, transformasi data yang merupakan upaya perubahaan penyedia data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data terintegrasi dan akurat. Program REGSOSEK akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, tetapi juga data kondisi sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah. Pendataan awal Registrasi Sosial dan Ekonomi (REGSOSEK) dilaksanakan serentak di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dimulai pada tanggal 15 oktober 2022 sampai dengan 14 november 2022. Yang melibatkan petugas dilapangan dan juga ketua pengurus SLS diwilayah nya masing – masing. Petugas lapangan terebut terdiri dari Koordinator Sensus Kecamatan (KOSEKA), Petugas Pemeriksaan Lapangan (PML), dan Petugas Pendataan Lapangan (PPL). KOSEKA yang bertangung jawab di suatu kecamatan yang membawahi 4 atau lebih petugas pemeriksaan lapangan. sedangkan PML yang mebawahi  sekitar 4 orang PPL yang masing – masingnya 1 PPL melakukan Pendataan sekitar 250 keluarga. Desa Mekargalih terdapat 15 Petugas, 3 diantaranya adalah Petugas Pemeriksaan Lapangan (PML) dan yang lainnya adalah Petugas Pendataan Lapangan (PPL). Masing – Masing PPL mendata 2 wilayah SLS atau 2 wilayah Rukun Tetangga. Dari mulai Sasakbeusi, Pasir Ipis Ciganea atas, Ciganea Bawah, Sulukuning, dan juga Perumahan Bukit Berbunga. Atas kerjasama seluruh pihak khususnya masyarakat desa mekargalih kegiatan pendataan dilapangan dapat selesai dengan baik, berjalan lancar dan tepat waktu. “Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Masyarakat Desa Mekargalih yang sudah bekerjasama dengan Petugas dalam memberikan informasi selama pendataan berlangsung.”ucap Pak Syarifudin Umar salah satu Petugas Pemeriksa Lapangan Desa Mekargalih ketika dimintai Penjelasan perihal hasil Pendataan REGSOSEK di Desa Mekargalih. Salam Satu Mekargalih,Mekargalih Pasini.

Pendataan Awal REGSOSEK 2022

Sampurasun Warga Mekargalih Pasini   Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 15 Okt - 14 Nov 2022 akan melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di seluruh provinsi di Indonesia. Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien. Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan. Regsosek penting untuk segera dilakukan karena masih terbatasnya cakupan data sosial ekonomi penduduk yang ada, yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh program dan layanan kepada masyarakat. Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 ini mampu menyediakan basis data tersebut. Data hasil pendataan Regsosek akan mewujudkan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga nantinya penyaluran program pemerintah akan lebih tepat sasaran, tepat guna, efektif, serta efisien. Untuk itu bagi kamu yang khususnya berdomisili di desa mekargalih siap -siap di tanggal 15 oktober – 15 november kedatangan petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 untuk dimintai data yang diperlukan. Salam satu mekargalih, Mekargalih Pasini.    

Resmi dibuka, Pemkab Purwakarta Dirikan Teras Madukara Jatiluhur dan Pojok Madukara

Sampurasun Sobat Mekargalih Pasini.. Selasa, 20 September 2022, Peresmian Gerai Pelayanan Publik Teras Madukara Kecamatan Jatiluhur sekaligus peresmian serentak Pojok Madukara di 51 desa Kecamatan Campaka, Wanayasa, Plered dan Jatiluhur oleh Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro, S.T, M.T. Teras Madukara Kecamatan Jatiluhur merupakan Teras Madukara yang ke-4 setelah Teras Madukara Kecamatan Plered, Wanayasa dan Campaka, saat ini Teras Madukara melayani 342 Layanan Perizinan Berusaha (OSS), 48 Layanan Perizinan Non Berusaha, 3 Layanan Informasi dan 2 Layanan Sidang Online. Hadirnya Teras Madukara merupakan inovasi Kabupaten Purwakarta guna memberikan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat. Hadir dalam acara ini, unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Kades se Kecamatan Jatiluhur   Bupati Purwakarta Anne Ratma Mustika mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama mewujudkan program ini, baik dari Pengadilan Negeri Purwakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kecamatan Jatiluhur, serta khususnya DPMPTSP Kabupaten Purwakarta. "Semoga dengan adanya gerai pelayanan publik Teras Madukara ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Purwakarta guna mewujudkan Purwakarta Istimewa," ucapnya, Selasa, 20 September 2022. Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro mengatakan peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu kebijakan Pemkab Purwakarta yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Purwakarta di dalam RPJMD Tahun 2018-2023. Untuk itu Pemkab Purwakarta selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut dengan melaksanakan beraneka ragam inovasi pelayanan publik. “Sebagaimana kita ketahui, keberadaan Mal Pelayanan Publik Bale Madukara di Purwakarta telah menjadi salah satu inovasi pelayanan publik yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Purwakarta," ujar Hariman. Hariman menjelaskan, di Teras Madukara melayani 395 jenis pelayanan, yaitu 342 layanan perizinan berusaha (OSS RBA), 48 layanan perizinan non berusaha, 3 layanan informasi dan 2 layanan sidang online yang bekerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta Sedangkan Pojok Madukara merupakan pengembangan dari Teras Madukara hasil kolaborasi antara DPMPTSP, DPMD, Pemerintah Kecamatan dan Desa. Pojok Madukara secara khusus melayani perizinan berusaha bagi UMKM yang sebelumnya hanya dapat diproses di MPP Bale Madukara dan Teras Madukara. Dengan adanya Pojok Madukara, kata Hariman, pelayanan perizinan berusaha bagi UMkM menjadi lebih terjangkau, mudah dan cepat. Untuk memperoleh perizinan berusaha, pemohon cukup menyediakan fotokopi KTP, NPWP (bagi yang sudah memiliki), dan alamat email. Perizinan berusaha langsung dapat diproses dalam waktu 15-30 menit saja. "Dengan demikian, Teras Madukara dan Pojok Madukara bukan hanya wujud hadirnya Pemkab Purwakarta, lebih jauh lagi merupakan wujud tanggung jawab dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Purwakarta," papar Hariman.**   Editor: Komunitas Digital Desa Mekargalih.